MEMIMPIN GENERASI MIGRAN:

PERAN GEREJA DALAM MENDORONG DAN MEMBANTU REMAJA DALAM PERJALANAN MENUJU IMAN

Authors

  • Sopia Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia
  • Beny Christison Bantara Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia

Keywords:

Inspiration, Support, Faith, Young Generation, Church, Migrant Generation

Abstract

Mengurus generasi migran merupakan tugas yang menantang mengingat kondisi globalisasi dan migrasi saat ini. dalam hal mendorong dan mendukung kaum muda yang sedang menjalani kehidupan yang sibuk dan perjalanan spiritual, Gereja memainkan peran yang penting. memberikan rangkuman  peran gereja dalam membantu generasi muda migran dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan identitas keagamaannya. para migran muda dapat memperoleh pembinaan rohani dan kesejahteraan di gereja melalui pendekatan pastoral, sosial, dan pendidikan. Dalam pandangan ini, gereja berperan penting dalam membantu generasi muda generasi migran tubuh dan berkembang menjadi warga negara yang bertanggung jawab, bermoral, dan memiliki rasa percaya diri yang kuat. Gereja menjadi kaum muda dalam mengatasi hambatan dan mewujudkan potensi penuh mereka sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas dan negara mereka melalui pendidikan dan pertumbuhan spritual.  Gereja juga berperan untuk menyediakan komunitas yang mendukung, lingkungan yang mendukung, dan pengajaran agama yang relevan melalui berbagai proyek dan program. ini terdiri dari inisiatif sosial, kelompok agama, dan  layanan keagamaan mingguan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spiritual dan sosial para  migran muda. studi ini melihat potensi dan permasalahan yang muncul dalam membantu kaum muda berlatar belakang migran mengembangkan iman yang kokoh dan abadi, serta peran yang mungkin dimainkan gereja dalam mendukung dan mendorong proses ini. temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gereja mempuyai peluang besar untuk mendukung kaum muda migran dalam upaya mereka mengembangkan iman yang kokoh dan abadi. Artikel ini juga membahas taktik dan ide yang dapat digunakan gereja untuk membimbing dan menjalin hubungan dengan generasi migran secara efektif, sehingga memungkinkan mereka menjadi katalisator perubahan kontruktif dalam jemaat dan komunitas mereka. Oleh karena itu, para pemimpin Gereja diminta untuk mengambil inisiatif untuk secara aktif melibatkan dan memotivasi para migran muda untuk mengembangkan kehidupan rohani dan keagamaan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Sopia, Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia

    Sopia

    semester 3

    Mahasiswi STT-RAI Batam

    tahun masuk 2023

     

References

Efi Nurwindayani dan Daniel Fajar Panuntun. “R Panuntun.Pengaruh Saat Teduh Dan Ibadah Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Pengambilan Pasangan Hidup.Fidei.” jurnal teologi sistematika dan praktika vol.2 (2019): 278.

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika Vol 4: Doktein Keselamatan,. Jakarta: LRII, 1997.

buku asli : THE CHRISTIAN CRURCH IN MINISTRY Pusat, Staf kantor ICI. GEREJA KRISTEN DALAM PELAYANAN. Gandum Mas, n.d.

Christ Marantika. Kepercayaan Dan Kehidupan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1984.

D.Th., Jimmy Oentoro. GEREJA IMPIAN MENJADI GEREJA YANG BERPENGARUH. jakarta: Gramedia pustaka utama anggota IKAPI, 2010.

Dalensang1, Remelia, and Melky Molle2. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021).

DEASTRY FANI RANTESALU. “Pembentukan Karakter Remaja Dalam Gereja Dan Pendidikan Masa Modern” (n.d.).

Dessy Handayani. “Tinjauan Teologis Konsep Iman Dan Perbuatan Bagi Keselamatan.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani Volume 1, (n.d.): 1.

Gunar Sahari. “Tinjauan Teologis Tentang Gereja Dan Pertumbuhannya Berdasarkan Kitab Kisah Para Rasul.” Jurnal Luxnos Vol. 4, No (n.d.).

Helena Manalu1Angelica Sianturi2Cindy Sihombing3 Emya Ginting4 Elsaday Simanjuntak5Andar Gunawan Pasaribu. “7142PENTINGNYA PEMBINAAN GEREJA BAGI REMAJA.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Vol. 1, No (n.d.): hlm 480.

Malailak, Yahya H. “Kepemimpinan Pastoral Pemuda Dalam Meneguhkan Pertumbuhan Gereja.” jurnal sttjaffrayjakarta Volume 3, (n.d.): 56–66.

Novanda Yuliana Allouw. “PERAN PASTORAL GEREJA DALAM MENYIKAPI PENYEBAB KETIDAKAKTIFAN REMAJA PADA KEBAKTIAN REMAJA DI GPIBT JEMAAT IMANUEL CENTRUM TOLITOLI.” jurnal Peran Pastoral Gereja dalam Menyikapi Penyebab Ketidakaktifan Remaja (n.d.): hlm 2.

Olivia M. Kaparang. “Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televise.” jurnal acta diurna Vol. 2 No. (2013): hlm 4.

Padondan, Daud. “, “Pembinaan Warga Gereja Bagi Pemuda Gereja Kerapatan Pantekosta (GKP) Jemaat To’kumila’”” (2021).

Pello1, S. Henderina A., Philipus Sunardi2, and Junius Nayoan3. “Peran Gereja Dalam Pembangunan Karakter Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Membangun Bangsa.” Jurnal Prosiding pelita bangsa Vol 1, No. (n.d.).

Rannu Sanderan. “‘Exemplary, Menemukenali Kunci Pendidikan Iman Bagi Anak Dalam Keluarga Dan Pembelajaran Agama Di Sekolah.’” Lingua: Jurnal PAK (n.d.).

Rannu Sanderan. “Statifikasi Sosial Kepemimpinan Tradisional Toraja Dalam Dinamika Demokrasi Modern.” jurnal lembaga (2015).

Rio Alfajri. Merantau. jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Ririn. “PERANAN GEREJA DALAM MEMBINA REMAJA KRISTEN TERHADAP PERGAULAN MASA KINI.” jurnal mpst rn (n.d.).

Sholla, Elfiance. “Peran Gereja Dalam Menumbuhkan Pelayanan Remaja Untuk Memajukan Masa Depan Gereja.” Jurnal Metode Penelitian_elfiance Sholla (1).pdf (n.d.).

Sitepu, Stevanus and. “‘Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.’” (n.d.).

Suhento Liauw. Doktrin Gereja Alkitabiah,. Jakarta: Graphe, n.d.

Sukarman, Ev. Timotius. Gereja Yang Bertumbuh Dan Berkembang. Yogyakarta: ANDI, 2012.

T Haryono dan Daniel Fajar panuntun. “Model Gaya Hidup Nazir Sebagai Refleksi Gaya Hidup Hedon Pengkhotbah Pada Zaman Milenial.Evangelikal.” jurnal teologi injili dan pembinaan warga gereja Vol. 3 No (n.d.): hlm 179.

Yurini Liyong, Gloria Christy. “Peran GKII Di Kalimantan Barat Dalam Pengentasan Kemiskinan Melalui Pendidikan” Volume 1, (2023): 124.

“Iman Dalam Kekristenan.” https://id.wikipedia.org/wiki/Iman_dalam_Kekristenan.

“Iman Menurut Kristen.” https://www.gotquestions.org/Indonesia/iman-menurut-Alkitab.html.

“Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia.”

“Topiks Iman.” https://www.bibleinfo.com/id/topics/iman.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

MEMIMPIN GENERASI MIGRAN:: PERAN GEREJA DALAM MENDORONG DAN MEMBANTU REMAJA DALAM PERJALANAN MENUJU IMAN. (2024). Jurnal Teologi RAI, 1(2), 218-230. https://jurnal.stt-rai.ac.id/index.php/rai/article/view/49